phijenk. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Sonic Boom, Akibat Bergerak Melebihin Kecepatan Suara

Sonic Boom, Akibat Bergerak Melebihin Kecepatan Suara

Ilustrasi
Sonic Boom, Akibat Bergerak Melebihin Kecepatan Suara -Pernahkah kamu melihat pesawat yang sedang terbang di langit? Saat melihatnya, secara bersamaan mungkin kamu juga akan mendengar suara yang sangat keras dan memekakkan telinga. Bagaimana pesawat bisa mengeluarkan suara yang sangat keras seperti itu? Asal tahu saja, suara tersebut bukanlah berasal dari pesawat itu sendiri. Kalaupun iya, suaranya tidaklah sekeras yang kita dengar. Lalu, dari mana ya suara-suara sangat keras itu bisa muncul?
Suara itu disebut sebagai sonic boom. Suara tersebut berasal dari gerakan suatu benda yang kecepatannya melebihi kecepatan suara. Biasanya, suara-suara tersebut dihasilkan oleh pesawat yang berkecepatan tinggi, contohnya supersonic.
 Sekedar informasi, suara yang dihasilkan oleh sonic boom ini sangatlah keras. Bahkan kerasnya di berbagai kejadian, gelombangnya disebut-sebut bisa memecahkan kaca jendela rumah. Untuk itulah pesawat berkecepatan tinggi umumnya dilarang melintas di atas pemukiman penduduk.
sonic boom
Lalu bagaimana bisa terjadi sonic boom? Kita tentu tahu bahwa di langit terdapat banyak gelombang suara yang melintas. Saat ada benda yang melintas di langit dengan kecepatan kurang dari kecepatan suara, benda tersebut dapat melewatkan gelombang-gelombang suara. Tetapi saat benda tersebut melintas dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, gelombang-gelombang suara tidak dapat melintasi benda tersebut. 
Akibatnya, gelombang-gelombang suara tertahan di bagian depan benda yang melintas tadi. Karena tertahan di bagian depan, berbagai gelombang suara itu pun mengumpul dan terakumulasi. Terbentuklah sebuah suara yang sangat keras yang kita kenal sebagai sonic boom tersebut.Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

-Aturan Komentar :

* Berkomentarlah dengan sopan, komentar yang tidak sopan akan segera dihapus
* Semua Komentar Diperhatikan oleh Author
* Dilarang mengejek/menghina/merendahkan Blog/Web orang lain
* Meninggalkan URL Blog/Web tidak dilarang
* Jangan Pelit Komentar
* Komentarlah sebelum Komentar itu dilarang